•   Thursday, 13 Dec, 2018
  • Contact

Seperti Hidung ,Smartphone Bakal Bisa Mencium Berbagai Jenis Bau

TeamADH.com,'Jakarta - Ilmuwan Jerman tengah mengembangkan chip yang memiliki fungsi seperti hidung manusia. Chip ini cukup kecil untuk bisa digunakan dalam smartphone dan memiliki kemampuan untuk mengendus bau lebih cepat dibandingkan hidung manusia.

Ilmuwan dari Institut Teknologi Karlsruhe (KIT) ini menciptakan chip yang diberi nama "Smelldect", agar bisa melakukan tes pasar sesegera mungkin. Mereka juga berencana untuk menyelesaikan proyek ini pada akhir 2018. Chip "Smelldect" diyakini bisa mendeteksi terjadinya kebakaran kabel dalam suatu perangkat elektronik.

Sistem yang sama pada alat pendeteksi asap juga diterapkan pada robot. Selain itu, hidung artifisial tersebut juga bisa mengendus bahan makanan, seperti ikan atau buah-buahan di pasar swalayan, yang sudah tidak baik lagi atau hampir busuk. Dalam akun Twitternya, KIT Karlsruhe mencuit, "Bau apa itu? Hidung elektronik mengenali berbagai macam aroma. Dalam proyek "Smelldect" para ilmuwan KIT mengembangkan sensor yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan berfungsi untuk mendeteksi kabel yang terbakar atau bahan makanan yang sudah busuk.

Related News

Comment (0)

Comment as: