Fakta Unik Kue Mochi

Untuk Anda penggemar budaya Jepang, pasti sudah asing dengan makanan yang satu ini, yaitu kue mochi. Mochi adalah kue beras yang memiliki tekstur kenyal, lembut dengan rasa yang manis. Mochi asli Jepang terbuat dari tepung mochigome yang berasal dari jenis beras Jepang. Dibalik rasa dan teksturnya yang khas, berikut fakta tentang mochi yang unik:

1.Dipercaya sebagai Makanan dari Tuhan

Kue beras dari Jepang ini berasal dari kata “motsu” yang berarti “untuk menahan atau memiliki”. Dalam arti kata lain, mochi merupakan makanan yang diberikan oleh Tuhan. Maka, kue mochi sering dijadikan kue yang sangat sarat akan perayaan penting di Jepang seperti tahun baru.

2. Mochi, Makanan para Petani

Pada zaman dahulu, mochi sering dikonsumsi oleh petani Jepang. Mereka mengkonsumsi saat musim dingin tiba, karena dipercaya dapat memberikan stamina tambahan untuk aktivitas mereka yang berat. Selain petani, para samurai Jepang juga sering membekali diri dengan mochi untuk makanan di medan perang karena praktis.

3. Tradisi Mochitsuki Tradisi dari Jepang ini biasa diselenggarakan saat 29 Desember yang bertujuan sebagai perayaan tahun baru.

Di saat itulah, mochi menjadi makanan yang wajib ada saat perayaan. Namun, tak hanya saat malam tahun baru saja, tradisi ini juga sering diadakan saat waktu tertentu saat festival di Jepang. Sehari sebelum perayaan, penduduk asli Jepang akan mengukus nasi selama 1 malam, lalu diletakkan di wadah tradisional dari kayu atau batu lalu ditumbuh dengan kayu bersamaan.

4. Teknik Pengolahan Mochi Beras yang sudah dimasak dengan bahan lainnya, lalu diletakkan di wadah batu yang bernama usu lalu ditumbuk hingga teksturnya halus dan lengket. Teknik tradisional Jepang ini masih sering ditemukan di restoran Jepang dan mampu menarik minat pengunjung.

5. Penyajian Kue Mochi Mochi yang kita kenal adalah kue bulat kenyal yang diisi kacang. Namun di Jepang ada berbagai macam penyajian kue mochi, seperti dengan kecap asin Jepang, gula dan ditaburi bubuk kacang kedelai (kinako). Tak hanya sebagai sajian manis, kue mochi juga disajikan menjadi campuran sup hangat di Jepang. Untuk mencicipi kue mochi Jepang, tak perlu jauh-jauh ke negeri sakura, karena ada Mochi Mochio yang hadir dengan aneka rasa mochi. Varian mochi mochio antara lain kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, green tea, dodol durian dan wijen hitam.

Related News

Comment (0)

Comment as: